Bandara Kualanamu Sempat Ditutup


Dua maskapai penerbangan terlibat kecelakaan di landasan pacu Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara. Akibat senggolan itu, sayap kedua pesawat mengalami kerusakan.

kecelakaan terjadi sekitar pukul 11.10 WIB. Dua pesawat yang terlibat kecelakaan pada bagian sayap itu adalah maskapai penerbangan Wings Air dengan Lion Air.

"Insiden terjadinya senggolan antara pesawat Lion Air dengan Wings Air di Bandara Kualanamu siang ini sekitar jam 11.10 WIB," kata ‎Branch Communication and Legal Manager Bandara Kualanamu Wisnu Budi Setianto, Kamis (3/8/2017).

Soal kronologis peristiwa tabrakan dua maskapai yang masih satu perusahaan tersebut, Wisnu menerangkan, belum menerima data keseluruhan. Dia memastikan seluruh penumpang dan awak kedua pesawat dalam keadaan selamat dan sudah dievakuasi.

"Informasi diterima, seluruh penumpang dalam kondisi baik dan aman," ujarnya.


Pasca-senggolan, pihak pengelola Bandara Kualanamu dengan pihak terkait tengah menyidik dan mengidentifikasi untuk mengetahui persis penyebab kecelakaan.

"Sedang dilakukan investigasi otoritas Bandara, AP2 Airnav dan pihak maskapai," katanya.

Sementara itu, pihak Lion Air Group menerangkan, kecelakaan itu menimpa pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 197 yang melayani penerbangan dari Banda Aceh menuju Medan menggunakan pesawat tipe Boeing 737-900 ER dengan registrasi PK-LJZ.

Pesawat tersebut bersenggolan di bagian sayap sesaat setelah mendarat di Bandara Internasional Kualanamu, Medan. Senggolan tersebut terjadi dengan maskapai Wings Air dengan nomor penerbangan IW 1252, registrasi PK-WFF yang akan membawa penumpang dari Medan menuju Meulaboh dengan pesawat ATR 72-500.

"Seluruh penumpang dipastikan selamat dan tidak ada yang mengalami cedera. Saat ini, kedua pesawat tersebut sudah berada di apron sehingga tidak mengganggu operasional Bandara Internasional Kualanamu," kata Public Relations Manager Lion Air Group Andy M. Saladin.

Andy menambahkan, 66 penumpang Wings Air IW 1252 akan diberikan kebijakan full refund di tempat ataupun dijadwal ulang. Sementara, penumpang Lion Air JT 197 yang memiliki penerbangan lanjutan menuju kota lainnya akan diterbangkan menggunakan maskapai Lion Air Group lainnya yaitu Batik Air ataupun Lion Air di jadwal berikutnya pada hari yang sama.

"Kami akan menunggu hasil investigasi atas kejadian ini dari pihak yang berwenang yaitu KNKT," kata Andy.


EmoticonEmoticon